STRATEGI BIMBINGAN SISWA
Bimbingan,
dewasa bimbingan memrupakan hal penting yang timbul di ranah pendidikan ataupun
di masyarakat. Bimbingan biasanya dilakukan sedini mungkin terutama di
kehidupan keluarga. Untuk masa sekarang bimbingan dihadirkan di ranah
pendidikan yaitu tepatnya di ruang lingkup sekolah yang merupakan tempat pusat
menuntut ilmu. Dalam melakukan bimbingan, guru merupakan objek yang paling
tepat di tunjuk sebagai pembimbing. Dalam perkembangannya anak/ siswa sangat
memerlukan bimbingan dalam banyak baik dalam pembelajaran maupun proses
pembentukan sikap. Maka dari itu berikut startegi yang bisa di gunakan dalam melakukan bimbingan dapat dilakukan dengan lima teknik atau strateginya
,yaitu : konseling individual, konsultasi, nasihat, konseling kelompok, bimbingan
kelompok, dan pengajaran remedial.
1.
Konseling Individual
Konseling individual adalah proses belajar melalui hubungan khusus
secara pribadi dalam wawancara antara seorang konselor dan seorang
konseli(siswa). Proses konseling atau bimbingan ini diharapkan agar siswa
mengenal diri sendiri,menerima diri sendiri serta realitas dalam penyesuaian
dengan lingkungannya.
Proses bimbingan secara individual sangat memungkinkan akan
terjadinya perubahan pada diri siswa. Karena adanya jaringan komunikasi yang
intens,serta keterbukaan dari siswa. Strategi ini di gunakan kalau permasalahan
yang akan di selesaikan merupakan permasalahan pribadi siswa.Banyak contoh
masalah pribadi yang menjadi problem bagi siswa dalam kaitannya dengan akademik
atau hal yang menyangkut kepribadian. Misalnya,siswa terlambat membaca
berhitung atau menulis(calistung),siswa yang mempunyai kesulitan dalam
berinterkasi,siswa yang pemalu,siswa yang tidak percaya diri. Proses bimbingan
secara individual ini di harapkan dapat menyelesaikan masalah itu sehingga
tidak ada hambatan dalam perkembangan selanjutnya.
2.
Konsultasi
Konsultasi adalah suatu
proses menyediakan bantuan teknis untuk guru, orang tua, administrator, dan
konselor lain dalam mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang membatasi
efektifitas peserta didik dan sekolah.
Jika di pahami dalam pengertian konsultasi,bisa dipahami
bahwa,konsultasi bukanlah bantuan langsung yang diberikan kepada
siswa,karenanya konsultasi bukanlah konseling. Hal ini di ungkap oleh Brown
& dkk(Nurihsan,2009). Konsultasi bukan konseling atau psikoterapi.
Delapan tujuan
konsultasi yaitu:
1. Mengembangkan
dan menyempurnakan lingkungan belajar bagi siswa,orangtua,dan administrator
sekolah
2. Menyempurnakan
komunikasi dengan mengembangkan informasi diantara orang yang penting.
3. Mengajak
bersama pribadi yang memiliki peranan dan fungsi yang bermacam-macam untuk
menyempurnakan lingkungan belajar.
4. Memperluas
layanan dari para ahli.
5. Memperluas
layanan pendidikan dari guru dan administrator.
6. Membentu
orang lain bagaimana belajar tentang perilaku.
7. Menciptakan
suatu lingkungan yang berisi semua komponen lingkungan belajar yang baik.
8. Menggerakkkan
organisasi yang mandiri.
3.
Nasihat
Nasihat
merupakan bagian dari strategi atau teknik bimbingan yang dapat di berikan oleh
guru.Dalam memberikan nasihat ada beberapa hal yaang mesti di perhatikan oleh
guru yaitu:
a. Berdasarkan
masalah atau kesulitan yang di hadapi murid.
b. Diawali
dengan menghimpun data yang berkaitan dengan masalah yang di hadapi
c. Nasihat
yang di berikan bersifat alternatif yang dapat di pilih murid,di sertai
kemungkinan keberhasilan dan kegagalan.
d. Penentuan
keputusan di serahkan kepada murid,alternatif mana yang akan di ambil.
e. Hendaknya
murid mau dan mampu mempertanggungjawabkan keputusan yang di ambil.
4.
Bimbingan Kelompok
Bimbingan kelompok di maksudkan untuk mencegah berkembangnya
masalah atau kesulitan pada diri siswa. Isi kegiatan bimbingan kelompok terdiri
atas penyampaian informasi yang berkenaan dengan masalah pendidikan, kerjaaan,
pribadi dan masalah sosial.
Kegiatan bimbingan kelompok bisa di lakukan dengan berbagai macam
cara , misalnya ceramah , pemutaran film, diskusi kelompok, sosiodrama dll. Kegiatan
ini menurut biasa dilakukan dalam betuk informal seperti,karya wisata,pesta sekolah,pentas
seni atau pentas olahraga.
Banyak faedah yang di peroleh dari bimbingan kelompok ini,yaitu
terjalinnya komunikasi dan interaksi sesama siswa. Sehingga berbagai
kemungkinan yang di miliki masalah dalam interaksi dapat di atasi. Terkait dengan bimbingan kelompok menyatakan ada empat kegunaan di
adakannya bimbingan kelompok yaitu:
a. Menyebarluaskan
informasi yang membantu siswa memanfaatkan lingkungan sekolah secara efektif .
b. Menjadi
sumber kenyataan untuk diskusi demi pertumbuhan dan perkembangan hal yang di
minati siswa.
c.
Merangsang
fikiran siswa mengenai dunia biologi,sosial maupun psikologis.
d.
Memberi
orientasi pada sisiwa mengenai adanya pelayanan bimbingan.
5.
Konseling Kelompok
Strategi berikutnya dalam bimbingan adalah bimbingan kelompok. Konseling
kelompok merupakan upaya bantuan kepada peserta didik dalam rangka memberikan
kemudahan dalm perkembangan dan pertumbuhannya. Selain bersifat
pencegahan,konseling kelompok dapat pula bersifat penyembuhan.
6.
Pengajaran Remedial
Strategi bimbingan lain yang bisa di terapkan di sekolah adalah
remedial. Strategi ini sangat terkait dengan permasalahan siswa dalam hal
akademis atau nilai dalam suatu mata pelajaran. Istilah remedial ini tidak
asing lagi bagi guru. Karena beliau sering mempraktekkannya. Apa sebenarnya
yang di maksud dengan pengajaran remedial.
Remedial merupakan
upaya guru (dengan/tanpa bantuan/kerjasama dengan ahli/pihak lain). Untuk
menciptakan suatu situasi (kembali/baru/berbeda dari yang biasa) yang
memungkinkan individu/kelompok siswa(dengan karakteristiknya) tentu lebih mampu
mengembangkan dirinya ( prestasi, penyesuaian kembali) seoptimal mungkin
sehingga dapat memenuhi kriteria keberhasilan minimal yang diharapkan, dengan
melalui suatu proses interaksi berencana, terorganisasi, terarah, terkoordinasi
dan terkontrol dengan lebih memperhatikan taraf kesesuaiannya terhadap
keragaman kondisi objektif individu dan atau kelompok siswa yang bersangkutan
serta daya dukung sarana dan lingkungannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar